Pages

Mengenal Cara Kerja SMS Verifikasi Untuk Form Member Website

Sebagian besar dari anda pastinya pernah mendaftar menjadi member ke suatu website atau situs tertentu bukan?, ketika melakukan pendaftaran umumnya anda akan diberikan form register membership dan diharuskan untuk mengisinya sebagai langkah mendapatkan membership.

Beberapa dari form member website yang diberikan tersebut umumnya menerapkan sistem verifikasi via sms atau yang lebih dikenal dengan sms verifikasi. Pada topik kali ini, sms verifikasi ini akan menjadi poin yang akan dibahas lebih detail.

Pada bagian pembuka, mari bahas mengenai pengertian sms verifikasi ini.  Sms verifikasi adalah sebuah fitur sms yang berguna dalam pemastian atau validasi suatu nomor/ kontak handphone yang diberikan oleh internet user. Sms verifikasi ini akan memastikan bahwa nomor yang diberikan oleh internet user adalah nomor yang masih digunakan atau aktif.

Ketika internet user melakukan sign up atau mendaftar dan mencantumkan nomor handphone pada form sign up, maka secara otomatis sistem akan mengirimkan sms verifikasi pada nomor handphone yang tercantum. Sms verifikasi yang dikirimkan berisi nomor, kode atau password tertentu yang dapat digunakan untuk proses konfirmasi pada halaman verifikasi website dimanan internet user tersebut ingin mendaftar.

Untuk pengelolahan suatu website yang menggunakan sistem membership seperti website film streaming ataupun e-commerce, fitur sms verifikasi ini terbilang sangatlah penting. Bukan hanya untuk melakukan validasi terhadap eksistensi dari internet user yang menjadi member, namun hal tersebut juga memudahkan pengelolah website(webmaster) untuk menghubungi member website apabila terjadi masalah ataupun terdapat kepentingan tertentu.

Selain itu, sms verifikasi ini juga merupakan sistem keamanan ganda yang memastikan bahwa internet user yang mengakses suatu situs website memang merupakan akun dan bukanlah bot yang mencoba menghancurkan website tersebut. Untuk itu, jika anda memiliki website dengan sistem membership seperti yang duraikan sebelumnya, ada baiknya jika anda mengguanakan fitur sms verifikasi ini.

Poin terakhir, bagaimanakah cara kerja dari sms verifikasi ini?. Cara atau sistem kerja dari sms verifikasi ini terbilang sederhana, yaitu:

Internet user yang akan mendaftar mengisi form sign up yang mewajibkan mencantumkan nomor handphone asli didalamnya.

Setelah internet user terkait mencantumkan nomor handphone, maka sistem akan secara otomatis mengirimkan sms yang berisi kode atau password verifikas ke nomor handphone tersebut.

Internet user hanya perlu mengisikan nomor atau kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor handphone terkait guna melengkapi registrasi (biasanya pada halaman verifikasi).

Jika internet user yang melakukan pendaftaran telah menginput kode verifikasi tersebut pada halaman verifikasi, maka internet user tersebut akan resmi menjadi member di website tersebut.

Namun apabila internet user menginput kode verifikasi yang tidak sesuai dengan yang ada di dalam sms verifikasi, maka sistem akan meminta internet user untuk menginput kembali kode yang tepat.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar