Pages

Keunggulan Membangun Blog Niche

Niche sebuah blog dapat dikatakan sebagai salah satu poin penting yang harus dipilih saat membangun blog, niche diibaratkan sebagai identitas sebuah blog. Namun banyak blogger yang menjatuhkan pilihan untuk membuat blog dengan banyak niche, salahkah hal ini?.


Sebenarnya hal tersebut adalah hal yang sah saja dilakukan, namun jika ditinjau, blog dengan satu niche memiliki beberapa keunggulan tersendiri di atas blog multi niche( dengan banyak niche). Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa keunggulan dari blog niche di atas blog multi niche.

  • CPC iklan yang lebih tinggi

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh blog niche adalah CPC(Cost Per Click) yang lebih tinggi. Jika memilki rencan untuk membangun blog yang akan didaftarkan ke program Google adsense, maka sebaiknya anda mempertimbangkan untuk membangun blog dengan satu niche sebagai pilihan. Dengan memiliki blog yang berfokus pada satu topik, umumnya penawaran harga klik iklan untuk topik yang sama dengan niche blog anda akan menjadi lebih tinggi/

Hal ini memang tidak pernah dijelaskan secara gamblang di panduan Google adsense, namun hal yang dikemukan sebelummya telah banyak diakui kebenarannya oleh banyak blogger sukses.

  • CTR iklan yang lebih tinggi

Keunggulan lain yang dimiliki oleh blog niche adalah CTR iklan yang lebih tinggi. Selain dapat memberikan CPC iklan yang lebih tinggi, blog niche juga berpotensi untuk mendapatkan CTR yang tinggi. CPR sendiri merupakan tingkat klikan adsense di blog yang anda kelolah. Dengan meningkatnya CTR blog anda, maka penghasilan adsense blog anda pun juga akan meningkat.

Namun di luar faktor, pemilihan satu niche untuk blog anda, faktor lain juga mempengaruhi CTR adsense anda, salah satunya adalah penempatan iklan adsense pada blog anda. Contohnya, penempatan iklan pada bagian akhir artikel berpotensi untuk mendatangkan klik dan mempertinggi CTR iklan blog anda.

Poin lain yang juga mempengaruhi CTR ini adalah iklan itu sendiri, apabila iklan yang dipasang memiliki daya tarikl secara visual dan juga promosi, maka rate klikan iklan tersebut pun akan meningkat.

  • SEO friendly

Memang di dalam panduan Google webmaster tidak dijelaskan secara langsung bahwa blog dengan satu niche berpotensi memiliki visibilitas yang lebih baik di mata SERP. Namun banyak blogger professional yang mengakui bahwa memfokuskan blog pada sutu topik saja yang disupport dengan artikel-artikel konten unik serta berkualitas yang diupdate secara berkala dapat membuat blog mendapatkan posisi baik pada SERP Google.

Sebagai contoh, jika anda membangun blog niche bertema teknologi dengan specific niche pada spesifikasi smartphone, blog dengan spesifc niche seperti ini memiliki potensi lebih besar untuk menempati posisi atas pada SERP ketimbang blog yang membahas spesifikasi smartphone namun digabung dengan pembahasan lainnya.

Sponsor : pembuatan website

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar