Pages

Langkah Promosi Toko Online Menggunakan Email Marketing

Tidak dapat dipungkiri bahwa membangun bisnis dengan mengandalkan media internet adalah salah satu langkah cerdas yang dapat menjanjikan keuntungan berkembang untuk bisnis anda. Toko online adalah salah satu media online yang terbilang banyak dipilih untuk kegiatan bisnis( jual beli).

{Sponsor : jasa pembuatan web}

Membangun sebuah toko online tentunya bukanlah perkara gampang, bukan hanya bermodalkan penerapan SEO(Search Engine Optimization) pada website e-commerce alias toko online, namun strategi promosi juga diperlukan agar toko online anda mendapatkan banyak audience/  pengunjung.
Bicara mengenai promosi toko online, salah satu cara promosi yang dapat diandalkan untuk memperkenalkan atau branding toko online adalah email marketing. Email marketing atau yang juga banyak dikenal dengan istilah email blast merupakan strategi marketing online yang menggunakan email untuk mempromosikan bisnis atau usaha terkait. Kali ini, carabisnisonline.co.id akan memberikan cara untuk menerapkan email marketing untuk pembangunan toko online. Berikut pembahasan lengkapnya.

Image result for Langkah Promosi Toko Online Menggunakan Email Marketing
  • Bangun email list

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika memutuskan untuk menggunakan email blast/ email marketing untuk pengembangan toko online adalah membangun email list yang nantinya akan menjadi corresponden toko onlineanda. Temukanlah target marketing yang akan anda kirimi email promosi toko online anda. Untuk bagian ini, anda dapat  menemukan target promosi anda dengan beragam cara, salah satunya adalah melalui blogwalking ke situs-situs toko online dan kemudian menge-list email pengunjung toko online terkait. Anda juga dapat mendapatkan email yang akan anda jadikan target marketing melalui komunitas-komunitas online. Cara lainnya yang terbilang lebih praktis dan namun random adalah dengan mengetik intitle:”nama kota” @gmail.com “@yahoo.com pada pencarian Google. Maka tidak lama setelahnya, anda akan mendapatkan sejumlah situs yang memuat email pengunjungnya dan anda hanya perlu menyalin email yang ada pada salah satu situs yang anda pilih.

  • Membuat template/ email marketing 

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan untuk penerapan strategi marketing melalui email ini adalah mempersiapkan email promosi anda. Mulai dari sini, anda harus telah memikirkan elemen-elemen dari pesan komersial/ promosi di dalam email marketing anda. Buatlah subjek email yang dapat menarik penerima email untuk membaca pesan promosi anda. Sedangkan untuk bagian pesan promosi, buatlah pesan promosi anda menjadi formal sehingga akan terasa lebih professional. Pastikan juga dalam pesan promosi anda, anda menyapa audience/ target email marketing anda seperti menggunakan kata hi atau yth. Poin terakhir, jika anda menyisipkan link aktif ke dalam pesan email marketing anda, disarankan untuk anda agar tidak menyelipkannya dengan jumlah lebih dari 3 link. Hal tersebut dikarenakan akan membuat email promosi toko online yang anda kirim terdeteksi spam oleh platform email.

  • Memilih situs email marketing

Untuk membuat email promosi menjadi terlihat lebih menarik atau professional, tentu anda membutuhkan template email. Template email promosi ini umumnya disediakan oleh situs-situs email marketing. Template email akan memungkinkan anda memasukan gambar ataupun menyisipkan link ke dalam gambar di email promosi anda. Terdapat banyak situs email marketing yang dapat anda jadikan, mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan. Untuk anda yang berniat memilih situs gratisan, anda dapat mempertimbagkan mailer lite dan juga mailchimp sebagai pilihan.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar: