Pages

Tips Optimisasi SEO Untuk Blog Tumblr

Umumnya kebanyakan orang hanya mengenai platform blogger ataupun WP(Wordpress) sebagai platform blog gratisan yang dapat dijadikan pilihan untuk membangun sebuah blog, namun sebenarnya masih terdapat satu lagi platform blog gratisan yang dapat dipilih. Platform blog gratisan yang dimaksudkan sebelumnya adalah tumblr. Jika dibandingkan dengan blogger dan wordpress, tumblr memang terbilang jarang dijadikan pilihan. Hal tersebut dikarenakan platform ini terbilang kurang dalam hal SEO onpage-nya. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa blog tumblr tidak dapat dioptimisasi. Nah, berkaitan dengan ini, tim carabisnisonline.co.id telah merangkumkan beberapa tips yang dapat membantu mengoptimisasi blog tumblr:

Image result for Blog Tumblr

Sponsor : seo web hosting

Mengganti judul blog tumblr dengan judul/ title post anda

Tips penerapan SEO pertama untuk blog tumblr adalah dengan mengganti judul blog anda dengan title/ judul post anda. Untuk pengguna/ blogger tumblr pastinya mengetahui betul bahwa terdapat beberapa jenis post di blog yang satu ini yakni post berjenis teks, photo, chat, quote, audio, link dan juga video, tidak semua dari jenis post tersebut menyediakan kolom judul/ title. Sehingga saat visitor blog anda mengklik permalink blog anda, maka yang akan ditampilkan adalah judul blog. Hal tersebut akan mengurangi efektifitas dari penerapan keyword pada postingan yang anda buat untuk di-crawling(dirambati) oleh search engine” Google”.

Untuk menyiasati masalah yang satu ini, mengganti judul blog andadengan title/ judul postingan adalah hal yang sangat disarankan. Untuk mengganti judul blog tumblr tidaklah terlalu sulit, anda hanya perlu mengikuti langkah berikut:

  • Klik dashboard setiing – edit theme- edit Html.

Ketika memasuki bagian editing html ini, ganti kode <title> pada head tag dengan kode berikut ini:
<title>{block:SearchPage} ({lang:Search results for SearchQuery}){/block:SearchPage}{block:PermalinkPage}{block:PostSummary} — {PostSummary}{/block:PostSummary}{/block:PermalinkPage}{Title}</title>

Jadikan tag blog anda sebagai keyword

Masih bicara mengenai optimisasi atau penerapan SEO untuk blog tumblr, poin selanjutnya yang dapat anda terapkan untuk mengotimisasi blog tumblr anda adalah menjadikan tag blog tumblr anda sebagai keyword. Sama halnya dengan blogger dan jug WP( Wordpress), tumblr juga menyediakan tags untuk postingan anda. Tags pada postingan tumblr ini dapat dipergunakan sebagai meta keyword guna mengoptimalkan visibilitas halaman blog tumblr anda.

Sama halnya dengan poin sebelumnya, penerapannya juga bukanlah hal yang sulit yakni dengan menambahkan meta tag keyword berikut pada theme blog tumblr anda:
<meta name=”keywords” content=”{block:Permalink}{block:Posts}{block:Tags}{Tag}, {/block:Tags}{/block:Posts}{/block:Permalink}” />

Tambahkkan meta tag title dan description

Langkah optimsasi SEO blog tumblr selanjutnya adalah dengan menambahkan meta tag dan juga description pada blog tumblr anda. Jika diingat, hal ini memang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses penerapan SEO onpage pada blogger. Untuk cara menerapkannya, anda dapat menambahkan kode meta tag dan juga description ini:
<meta name=”title” content=”{block:PostSummary}{PostSummary} - {/block:PostSummary}{Title}” />

<meta name=”description” content=”{MetaDescription}” />

Menggunakan tag <h1> untuk judul blog tumblr anda

Tips selanjutnya untuk mengoptimisasi blog tumblr yang perlu anda ketahui adalah dengan menggunakan tag <h1> untuk judul blog. Banyak ahli SEO yang mempercayai bahwa dengan menerapkan hal ini, maka judul/ title post blog tumblr akan menjadi lebih optimal visibilitasnya di mata search engine.

Untuk melakukannya, anda dapat melakukannya dengan sedikit mengutak-atik html blog tumblr anda yakni mengedit {block:Title} ini dan kemudian menggantinya dengan kode {block:Title}<h1>{Title}</h1>{/block:Title} .

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar