Pages

Mengenal Twitter Analytics dan Juga Fungsinya

Dalam pengembangan bisnis tepatnya berkaitan dengan hal marketing, penggunaan media sosial sebagai salah satu media digital marketing memang tidak dapat dipungkiri semakin marak. Hampir sebagian dari anda tentunya mengetahui latar belakang dari banyaknya pelaku bisnis ataupun marketer yang menggunakan media sosial untuk digital marketing, salah satu alasannya sudah barang pasti adalah fakta bahwa media sosial merupakan situs yang paling banyak dikunjungi oleh  pengguna internet di seluruh belahan dunia, sehingga amat potensif untuk dijadikan media marketing ataupun promosi.

Sponsor: jasa pembuatan website



Twitter adalah salah satu media sosial yang dapat dikatakan sering dipergunakan oleh para marketer ataupun pelaku bisnis untuk mempromosikan bisnis. Meskipun masih menempati posisi kedua setelah Facebook, namun hal tersebut tidak merubah fakta bahwa media sosial ini tetap memiliki potensi yang besar dalam mendatangkan sales bagi suatu bisnis.

Bicara mengenai digital marketing menggunakan twitter, anda yang menggunakan twitter sebagai sarana marketing ataupun promosi mungkin mengenal semacam tools yang bernama twitter analytics. Tools media sosial yang satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu hal yang harus anda ketahui dan disarankan untuk pergunakan dalam digital marketing menggunakan twitter.

Jika dijelaskan, twitter analytics sendiri dapat didefinisikan sebagai tools atau fitur twitter yang dapat menyimpan rekap aktifitas dan juga engagement dari tweet yang anda lakukan. Twitter analytics ini secara resmi diluncurkan pada tahun 2014 lalu dan telah membantu banyak marketer ataupun pelaku bisnis dalam hal memaksimalkan engagement. Seperti yang diketahui bahwa dalam digital marketing menggunakan media sosial, engagement adalah hal yang paling diincar oleh para marketer, dimana tingginya nilai atau percentage engagement menunjukan seberapa efektif penerapan digital marketing yang dilakukan.

Menggunakan twitter analytics sendiri, anda harus terlebih dahulu melakukan login ke twitter analytics. Setelah masuk, anda akan disajikan dashboard yang memuat informasi mengenai impression atau total tweet dalam kurun waktu 1 bulan terakhir. Selain itu, dashboard twitter analytics juga memuat informast mengenai engagement dan juga engagement rate dari tweet anda. Untuk selengkapnya, berikut penjabaran lengkapnya:

Impression

Impression adalah salah satu data yang disajikan dan dapat dilihat pada twitter analytics. Impressioan juga menjadikan patokan penting dalam mengetahui apakah penggunaan twitter sebagai sarana marketing dan juga keperluan bisnis anda telah efektif atau belum. Jika dalam sehari, anda hanya mendapatkan impression di bawah 500 impression, hal tersebut menandakan bahwa anda perlu memperbaiki strategi digital marketing anda.

Target impression yang perlu dicapai sendiri sebenarnya amat bergantung dengan seberapa banyak follower yang anda miliki. Sebagai contohnya, jika anda memiliki 1000 follower dan melakukan tweet 10 kali dalam sehari, maka setidaknya anda harus mendapatkan pesentase impression 1 atau 2 % yang berarti terdapat 100 atau 200 follower yang melihat tweet anda setiap harinya.

Engagement

Data lain yang juga disajikan oleh twitter analytics adalah engagement. Engagement sendiri merupakan banyaknya aktifitas yang dilakukan pada tweet anda, aktifitas tersebut dapat meliputi:

  • link klik 
  • favorites (likes)
  • retweets
  • replies
  • detail expands
  • embedded media clicks
  • permalink clicks
  • shared via email
  • user profile clicks
  • follows


Engagement Rate

Data lainnya yang dapat dilihat pada twitter analytics adalah engagement rate atau yang juga banyak disingkat TER(Twitter Engagement Rate). Engagement rate sendiri dapat didefinisikan sebagai persentase banyaknya engagement yang didapat untuk setiap tweet atau impression. Sebagai contoh, jika anda memiliki 100 impression dan 1 engagement, hal tersebut menunjukan bahwa anda memiliki nilai TER sebesar 1 %. Secara ideal, beberapa sumber mengungkap bahwa nilai TER yang ideal adalah sebesar 2 %( lebih besar akan lebih baik). Persentase tersebut memang kecil, namun tetap berdampak cukup besar pada engagement selanjutnya dan juga jumlah follower akun bisnis twitter anda.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar